Thursday 11 August 2011

Alatan Strobist..?



1. Flash Stand

Flash stand berbentuk seperti tripod. Fungsi dari flash stand sendiri sama dengan fungsi dari tripod pada umumnya, yang membezakannya hanyalah objek yang diletakkan diatasnya, jika tripod untuk meletakkan kamera, flash stand tentunya untuk flash beserta diffusernya.

Flash stand dapat di subtitusi dengan tripod dengan bantuan SPIGOT.



2. Speedlite Flash & Trigger

Speedlite flash merupakan sumber cahaya dari strobist. Speedlite flash ini dapat dinyalakan dengan ditrigger. Ada banyak macam trigger yang dapat digunakan untuk mentrigger flash, baik secara wireless dengan radio frequency.



3. Speedlite Flash & Diffuser Bracket

Speedlite Flash & Diffuser Bracket adalah dudukan dimana diffuser dan flash stand berada. Flash dan diffuser bertumpu pada bracket ini. Bracket ini seperti adapter dari flash stand ke flash dan diffuser.



4. Diffuser

Ada 4 macam jenis diffuser, diantaranya adalah :







  • Softbox
  • Softbox merupakan diffuser yang biasanya berukuran kotak atau persegi panjang. Softbox memiliki efek sinar yang sangat halus, sangat cocok digunakan pada beauty shoot, high key, dll.
  • Beauty Dish
  • Beauty dish dapat menciptakan ring light pada benda ber-refleksi seperti permukaan kaca, mata model, dll. Beauty dish memiliki karakter sinar halus yang hampir menyamai softbox.

  • Snood
  • Snood bertujuan untuk memberikan highlight atau fill in pada suatu spot tertentu. Dengan bantuan snood, sinar yang kita arahkan akan jauh lebih akurat.

  • Umbrella
  • Umbrella ada beberapa jenis yaitu, white, silver, dan white-silver umbrella.
creadit to http://www.mlmfoto.com atas info ini..



jika kengkawan berminat belajar ttg strobist secara formal boleh contact abg jijan cute..



p/s: jika takda alatan semua ni pun boleh jugak main lighting..just pakai comander dlm kamera kita je..(bagi nikon D80 ke atas)janji ada speedlight 1 or 2,lagi elok jika ada SB800 keatas boleh jadi master.. trigger ke SB600,hehe.. memg mantop..! yg penting kena tri n error arah dan kekuatan pencahayaan.. sure jadi apa yg kita nak..

No comments:

Post a Comment

Dont worry be happy to comment..